Thursday 29 March 2012

@1 PENGERTIAN ORGANISASI DAN METODE

PENGERTIAN ORGANISASI DAN METODE



Istilah organisasi dapt di artikan sebagai berikut :
1. wadah : sekelompok manusiauntuk saling kerja sama
2. proses : pengelompokan manusia dalam suatu kerja sama yang efisien

sedangkan istilah metode adalah suatu tata kerja yang dapat mencapai tujuan secara efisien

pengertian organisasi dan metode yaitu :
rangkaian proses kegiatan yang harus di lakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang menentukan bagiberhasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi dan birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang di inginkan

Dari pengertian tersebut terkandung beberapa maksud yaitu :
1. organisasi dan metode merupakan kunci atau syarat pelaksanaan kerja yang setempat tempatnya
2. organisasi dan metode sanganat penting dalam kegiatan manajemen
3. organisasi dan metode dapat memanfaatkan sumber sumber dan waktu yang tersedia
4. organisasi dan metode berguna dalam meningkatkan efesiensi kerja untuk mencapai tujuan

Dari uraian di atas dapat kita lihat dengan jelas betapa eratnya antara manajemen dengan organisasi dan metode bahkan sepertinya dapat di katakan bahwa organisasi dan metode merupakan salah satu bidang pengkhususan dari manajemen.

Manajemen pada hakekatnya merupakan proses seorang pemimpin yang harus di lakukan yang harus di lakukan dengan mempergunakan cara cara pemikiran yang rasional maupun praktis untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan melalui kerja sama dengan orang lain, sebagai sumber tenaga kerja tanpa mengabaikan sumber sumber yang lain dan waktu yang tersedia dengan cara yang setepat tepatnya

Kegiatan manajemen :
  1. Planning (perencanaan)
  • Merupakan proses kegiatan pemikiran, dugaan dan penentuan prioritas-prioritas yang harus dilakukan secara rasional sebelum melaksanakan tindakan yang sebenarnya.
  • Merupakan kegiatan non fisik (kejiwaan) sebelum melaksanakan kegiatan fisik.
  • Sangat diperlukan dalam rangka mengarahkan tujuan dan sasaran organisasi serta tujuan suatu program pembangunan
b. Organizing (pengorganisasian)
  • Merupakan proses penyusunan pembagian kerja ke dalam unit-unit kerja dan fungsi-fungsinya serta penempatan mengenai orang yang menduduki fungsi-fungsi tersebut secara tepat.
  • Dilakukan demi perencanaan, pelaksanaan dan pembagian kerja yang tepat.
  • Harus diperhatikan dalam penempatan orang (staffing) dilakukan secara obyektif.
  1. c. Motivating (pendorongan)
  • Merupakan proses kegiatan yang harus dilakukan untuk membina dan mendorong semangat dan kerelaan kerja para pegawai.
  • Mencakup segi-segi perangsang baik yang bersifat rohaniah seperti kenaikan pangkat, pendidikan dan pengembangan karier, pemberian cuti dan sebagainya maupun yang bersifat jasmaniah seperti sistem upah yang baik dan memotivasi, pemberian tunjangan, penyediaan fasiliatas yang lengkap, dan sebagainya.
d. Controlling (pengendalian)
  • Merupakan rangkaian kegiatan yang harus dilakukan untuk mengadakan pengawasan, penyempurnaan dan penilaian sehingga dapat mencapai tujuan seperti yang direncanakan.
  • Sangat penting untuk mengetahui sampai dimana pekerjaan sudah dilaksanakan.
  • Dapat dilakukan evaluasi, penentuan tindakan korektif ataupun tindak lanjut, se­hingga pengembangan dapat ditingkatkan pelaksanaannya.
Keempat kegiatan manajemen tersebut tidak dapat terlaksana tanpa adanya sumber-sumber ataupun sarana yang harus didayagunakan secara tepat. Sumber-sumber yang dimaksud disebut 6 M (The six M’s in management), yaitu:
  1. Manusia atau tenaga kerja (man power).
  2. Uang atau dana (money).
  3. Bahan-bahan atau material (materials).
  4. Mesin dan peralatan (machine and equipment).
  5. Tata kerja atau (methods)/
  6. Pasar (market).
MANAJEMEN DAN ORGANISASI
Dari uraian di atas dapat dirumuskan bahwa manajemen adalah proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia. Rumusan tersebut mengandung pengertian adanya hubungan timbal balik antara kegiatan dan kerjasama di satu pihak dengan tujuan di pihak lain.
Untuk dapat mencapai tujuan tersebut maka perlu dibentuk suatu organisasi yang pada pokoknya secara fungsional dapat diartikan sebagai sekelompok manusia yang dipersatukan dalam suatu kerja sama yang efisien untuk mencapai tujuan. Sehingga dapat dikatakan bahwa fungsi organisasi adalah sebagai alat dari manajemen untuk mencapai tujuan. Jadi dalam rangka manajemen maka harus ada organisasi, demikian eratnya hubungan antara manajemen dan organisasi.






Sumber: PENGANTAR ORGANISASI DAN METODE, Widyatmini, Penerbit Gunadarma.

No comments:

Post a Comment